Artikel Terbaru :
Home » » Kedua Lutut Sering Ngilu, Apa Solusinya?

Kedua Lutut Sering Ngilu, Apa Solusinya?

Written By Unknown on Senin, 14 Oktober 2013 | 11:15:00 PM




Assalamua’alaikum. Saya laki laki, 63 tahun. Kedua lutut sering terasa ngilu, tumit kiri juga terutama pagi bangun tidur dan kalau mau i’tidal, telapak kaki terasa nyeri kalau ditekan, jari jari tangan kiri telunjuk kaki. Hasil lab asam urat 6,90 bagaimana solusinya?

DUDDY SUNARDIN

Wa’alaikum salam. Terima kasih atas pertanyaannya, Pak Duddy, mudah mudahan Bapak selalu dalam lindungan Allah SWT dan selalu diberi kesehatan yang berkah.

Seiring bertambahnya usia pada umumnya memang semakin menurun fungsi-fungsi organ tubuh sehingga akan banyak terasa keluhan. Tapi, meskipun usia bertambah jangan sampai ditambah lagi dengan akumulasi racun dalam tubuh secara cepat. Cepat karena adanya racun dari makanan, obat kimia, lingkungan dan beragam hal yang bersentuhan dengan kita. Ditambah lagi minimnya konsumsi sayuran buah-buahan. Bahkan lebih parahnya sudah meninggalkan sunnah Nabi yaitu olah raga.

Jika semua itu sudah ada pada diri seseorang, maka akan lahir yang aterosklerosis. Aterosklerosis adalah sebuah gangguan umum di mana terjadi pengerasan arteri. Ini disebabkan oleh pembentukan endapan lemak, kolesterol dan substansi lain, secara bersamaan, dikenal sebagai plak di dinding arteri selama bertahun-tahun.

Pembentukan plak di dinding arteri terjadi seiring berjalannya waktu, faktor gaya hidup seperti merokok, makanan tinggi lemak, minum alkohol berlebihan dan kurang olah raga turut berkontribusi pada kekakuan arteri dan tingkat kolesterol darah yang tinggi. Dampak dari aterosklerosis dapat mengancam nyawa. Akibat aterosklerosis yang paling lazim adalah tekanan darah tinggi.

Dengan pengerasan arteri dan pembentukan plak, aliran darah terhalang sehingga tidak dapat dialirkan secara efektif ke berbagai bagian tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan jaringan atau kematian, yang dikenal pula dengan nekrosis.

Pembekuan darah dapat terbentuk di dalam arteri dan juga menyebabkan jalan aliran terhalang. Jika potongan plak terlepas dari dinding arteri dan pindah ke pembuluh darah yang lebih kecil, hal ini dapat menyebabkan penyumbatan lain di aliran darah. Dalam kasus yang lebih serius, aneurisme (atau tonjolan dalam pembuluh darah) yang terbentuk akibat tekanan darah tinggi dapat pecah dan menyebabkan orang mengalami pendarahan internal hingga nyawanya tidak dapat terselamatkan.

Gejala Aterosklerosis

Aterosklerosis tidak menunjukkan gejala kondisi. Namun secara sederhana kita bisa mendetiksi seperti lahirnya keluhan seperti yang Pak Duddy rasakan. Seseorang mungkin tidak menyadari kondisinya selama bertahun-tahun, karena akan menganggap enteng keluhan yang dirasakan seperi kesemutan, sakit lutut, telapak kaki dsb.

Akibat aterosklerosis yang lazim terjadi adalah penyempitan arteri yang menyebabkan penurunan aliran darah ke jantung dan organ-organ tubuh. Hal ini dapat menyebabkan nyeri dada, napas terengah-engah dan keletihan. Tentunya solusi yang tepat tidak cukup kita dengan mengamalkan bekam, namun harus ada intensitas bekam secara berkala. Serta didamping oleh pakarnya. Untuk masalah asam urat secara umum pastinya punya pengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Karena bila dilihat ciri-cirinya sama seperti seringnya kesemutan, pegal pegal, sakit di telapak kaki. Mudah-mudahan jawaban dari pertanyaan ini bermanfaat. []
Share this post :
 
KEMBALI KEATAS | Home | Redaksi | Pasang Iklan | Kirim Artikel | Daftar ISI
Copyright © 2014 HadistWEB - All Rights Reserved